Jumat, 04 Juli 2014

Berapa GB Informasi Genetik Yang Tersimpan Dalam Tubuh Seorang Manusia?

Ketika melihat folder berisi koleksi film yang Anda simpan di PC ternyata telah penuh, pernahkah Anda merasa penasaran tentang seberapa banyak informasi yang bisa tersimpan dalam tubuh seorang manusia?

Sejumlah riset telah dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Mengingat tak semua orang bisa langsung paham dengan sebuah penjelasan yang kelewat ilmiah, Veritasium kini merangkumnya ke dalam sebuah penjelasan yang sangat mudah dicerna. Dalam postingan video mereka di YouTube, Veritasium mengatakan bahwa kode genetik seseorang besarnya mencapai 1,5GB; dan jumlah ini merupakan kode yang tersimpan dalam satuan sel tubuh manusia.

Mengingat tubuh manusia memiliki sekitar 40 triliun sel dan tiap satuan sel memiliki data kode genetik sebesar 1,5GB, maka total informasi kode genetik yang tersimpan di dalam tubuh manusia mencapai 60 zettabyte (60 + angka 0 sebanyak 21x)! Sebagai perbandingan, Veritasium kemudian membandingkan bahwa di tahun 2020, seluruh informasi digital di dunia masih hanya akan mencapai 40ZB.

Namun Veritasium mencatat bahwa 99,9 persen informasi genetik manusia umumnya seragam dengan manusia lain di seluruh dunia. Sisa 0,1 persen itulah yang membuat seseorang begitu unik dan berbeda satu sama lain. Dengan penjelasan ini, maka tak heran jika Anda mendapati bahwa salah satu teman Anda memiliki wajah dengan karakterisitik yang sangat mirip dengan salah satu artis terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar