Jumat, 27 Juni 2014

Jepang Pamerkan Android Pembaca Berita Pertama di Dunia

Apakah Anda selama ini gemar menonton acara berita di televisi atas dasar faktor pembaca berita yang mayoritas berpenampilan sangat menarik? Jika ya, kabar dari Jepang ini mungkin akan menjadi sebuah mimpi buruk yang sama sekali tak diharapkan.

Jepang selama ini memang terkenal memiliki obsesi yang hebat pada teknologi robot/android. Yang terbaru, para ilmuwan di Jepang baru saja memamerkan sebuah android yang tampak sangat mirip dengan seorang manusia dan siap untuk ditugaskan membacakan berita secara real-time, bahkan dalam intonasi bahasa Jepang yang sangat fasih (tidak seperti suara robot pada umumnya).

Android ini dijuluki sebagai ‘kodomoroid,’ gabungan dari kodomo (bocah) dan android. Untuk memamerkan kemampuannya, kodomoroid ini membacakan sebuah berita tentang serangan gempa bumi berkekuatan 7,9 skala Richter yang menghantam Hawaii. Kodomoroid ini bahkan mengungkapkan mimpinya untuk bisa memiliki sebuah acara sendiri di stasiun televisi suatu hari nanti.

Namun untuk saat ini, kodomoroid akan ditempatkan di Tokyo National Museum of Emerging Science and Innovation bersama koleganya ‘Otonaroid’ (android dewasa). Keduanya bakal digunakan sebagai alat studi dari pakar robot Hiroshi Ishiguro untuk mempelajari reaksi manusia ketika berinteraksi dengan para robot tersebut.

Via : Gopego

Tidak ada komentar:

Posting Komentar