Sabtu, 31 Mei 2014

Piala Dunia 1950: Rekor Penonton Terbanyak Ada di Edisi Ini

 
Piala Dunia 1950 yang diselenggarakan di Brasil dari 24 Juni-16 Juliadalah Piala Dunia FIFA keempat. Ini juga adalah Piala Dunia pertama sejak turnamen di tahun 1942 dan 1946 harus dibatalkan karena Perang Dunia II. Meski diselenggarakan di Brasil, namun Uruguay justru menjadi yang terkuad dengan mengklaim juara untuk kedua kalinya.

Semua semakin rumit bagi FIFA lantaran negara-negara tak tertarik menyelenggarakan Piala Dunia karena hampir seluruh Eropa hancur akibat perand dunia. Kendati demikian, Brasil akhirnya menyodorkan diri sebagai tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.Piala Dunia 1950 ini juga turnamen pertama di mana piala itu disebut sebagai Piala Jules Rimet, untuk menandai ulang tahun ke 25 dari presiden FIFA, Jules Rimet.

Setelah mengamankan negara tuan rumah, FIFA juga harus membujuk negara-negara untuk mengirim tim nasional mereka untuk bersaing. Italia terutama pasalnya mereka merupakan juara bertahan namun skuad mereka melemah parah karena kebanyakan dari starting line-up tewas dalam kecelakaan pesawat Superga satu tahun sebelumnya. Timnas Italia akhirnya hadir meski datang menggunakan perahu.

Dalam piala dunia ini, terdapat juga metode baru, dengan alasan negara yang bokek akibat pembangunan infrastruktur, Brasil mengusulkan kalau Piala Dunia dilaksanakan dengan round robin, jadi setiap juara grup akan dipertemukan kembali dan mereka akan bersaing di grup yang baru guna menjadi juara Piala Dunia. Metode itu membuat pertandingan jadi lebih banyak dan berujung pada bertambahnya keuntungan lewat tiket stadion.

Di babak grup kedua, Brasil tak menemukan kesulitan berarti, mereka menang 6-1 atas Spanyol dan 7-1 atas Swedia. Sementara posisi kedua yang saat itu ditempati Uruguay hanya memainkan sepak bola efektif. Media negeri Samba pun sudah memberitakan kalau Brasil akan menjadi juara turnamen ini tetapi mereka harus malu ketika Uruguay tampil luar biasa dan menjadi Juara Dunia berkat menang dengan skor 2-1. Sempat unggul lebih dulu via Friaca, Uruguay membalas lewat Alberto Schiaffino dan Alcides Ghiggia.
Penonton terbanyak untuk pertandingan Piala Dunia terjadi di tahun ini. Tercatat di laga pamungkas ada 199.954 orang yang menonton di Stadion Maracan.

Banyak cerita di kemenangan itu, kapten timnas Uruguay, Obdulio Varela, membeli banyak koran Brasil dengan headline "Negara ini juarai dunia" meletakkannya di lantai kamar mandi dan meminta rekan-rekan setimnya untuk buang air kecil di atas koran tersebut. Brasil pun hanya bisa menelan ludah karena negaranya terlalu percaya diri.

Berikut daftar peserta dan hasil pertandingan di Piala Dunia 1950:
 
  
Grup 1
Brazil
Yugoslavia
Swiss
Meksiko

Grup 2
Spanyol
Inggris
Chile
AS

Grup 3
Swedia
Italia
Paraguai
India (mengundurkan Diri)

Grup 4
Uruguay
Bolivia
France (mengundurkan Diri)

Grup Final

Peserta Main  Menang  Imbang  Kalah  Poin

Uruguay (Juara)    3       2      1     0    5

Brasil    3       2      0     1    4

Swedia    3       1      0     2    2

Spanyol    3       0      1     2    1


Hasil Pertandingan di Grup Final
Uruguay 2 - 2 Spanyol
Brazil 7 - 1 Swedia
Brasil 6-1 Spanyol
Uruguay 3 - 2 Swedia
Swedia 3 - 1 Spanyol
Uruguay 2 - 1 Brazil




Topskor: Ademir 8 Gol (Brasil)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar